Laman

Rabu, 27 April 2011

PTPN III Serahkan Bantuan CSR Ketahanan Pangan 100 Ha di Sergei

Medan - Lifaktual : Bantuan untuk bidang pangan melalui program Corporate Social Responsilibity ( CSR ) tahun 2011 dalam bentuk penanaman padi seluas 100 ha dengan nilai Rp 432 juta bagi dua kelompok Tani Murni dan Sri Rahayu yang anggotanya berjumlah 237 kepala keluarga. Penyerahan bantuan secara simbolis ini di serahkan oleh Rachmat Prawira Kesumah, SE, MM, Direktur SDM PTPN III kepada Wakil Bupati  Serdang Bedagai Ir.Sukirman pada tanggal 14 April 2011 yang lalu di Desa Paya Lombang, Kecamatan Tebing Tinggi, Serdang Bedagei.

Menurut keterangan Rachmat Prawira Kesumah bahwa bantuan program Saprodi ini juga telah di berikan kepada kelompok tani di Deli Serdang dan Asahan untuk penanaman padi seluas 100 ha. Selain itu untuk Kabupaten Deli Serdang , masih di tambah lagi dengan 90 ha penanaman jagung.
Sehingga secara keseluruhan bantuan berjumlah 300 ha untuk padi dan 90 ha untuk tanaman jagung . Total bantuan mencapai Rp.2.042 milyar yang di berikan dalam bentuk bantuan saprodi dan saprotan kepada 12 kelompok tani atau sekitar 789 kepala keluarga.

Rachmat juga menambahkan bahwa dalam rangka mendukung program ketahanan pangan tersebut, PT Perkebunan Nusantara III tidak hanya member bantuan dalam bentuk bantuan saprodi dan saprotan saja, namun pada bulan Maret 2011 lalu juga telah menggelar pasar Murah di beberapa titik rawan kemiskinan di Kota Medan yang bertujuan untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok dan menekan laju inflasi di bulan Januari 2011 lalu.

Realisasi program ketahanan pangan ini merupakan bukti komitmen kuat PTPN III selaku BUMN perkebunan yang mengikuti ketentuan dan amanat Kementrian BUMN melalui program CSR agar terwujudnya ketahanan pangan di Indonesi. “Yang paling penting adalah bagaimana merangsang para petani di Sergei untuk meningkatkan produksi padi setiap panen dan jika mungkin para petani bisa di dorong untuk mengembalikan potensi ketahanan pangan Indonesia di masa kejayaannya dulu, ”kata Rachmat dengan semangat". Usai acara Rachmat PK bersama Wakil Bupati Sergei kembali menyerahkan sejumlah bantuan kepada puluhan anak yatim dan orang tua jompo.

Ir.Sukirman,Wakil Bupati Serdang Bedagei mengatakan kalau petani merupakan investor terbesar di Serang Bedagei. Untuk melindungi petani sebagai produsen padi, Pemda Sergei mendukung perbaikan jaringan irigasi, pembangunan sarana transportasi,  menjamin tersedianya saran produksi, menyediakan tenaga penyuluhan lapangan.

Untuk itu, Pemda Sergei berupaya mencari sumbar-sumber dana baik dari APBN, APBD Propinsi maupun kerjasama dengan BUMN, terutama dalam hal ini dengan PTPN III melalui program CSR.” Untuk itu kami mewakili Pemda dan masyarakat Sergei mengucapkan terima kasih kepada PTPN III dan di harapkan agar PTPN III tetap untung di tahun- tahun depan,” katanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar