Laman

Senin, 02 Mei 2011

PTP III Salurkan Rp.5.695 Milyar Kepada 187 Mitra Binaan UKM

Medan - Lifaktual : Perusahaan saat ini tidak hanya dituntut untuk mampu menghasilkan laba yang besar bagi pemegang saham dan meningkatkan kesejahteraan karyawan saja, namun hal lain yang sama pentingnya adalah bagaimana menciptakan iklim yang kondusif untuk kesejahteraan sosial yang lebih luas lagi.

Salah satu bentuknya adalah mengembangkan kepedulian kepada perbaikan taraf ekonomi masyarakat seperti memberi pinjaman modal bergulir kepada para pengusaha kecil menengah yang kesulitan mengembangkan usaha.

Demikian halnya dengan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) sebagai salah satu BUMN perkebunan yang terkemuka ditanah air memiliki komitmen yang sangat besar untuk mendukung perbaikan ekonomi kerakyatan melalui penyaluran dana pinjaman bergulir kepada para mitra binaan.
Penyaluran dana program Kemitraan PT Perkebunan Nusantara III didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Negara BUMN No.326/MBU/2003 dan Peraturan Menteri Negara BUMN No.05/MBU/2007 tentang program Kemitraan BUMN dengan usaha kecil.

Pada hari Senin hingga Sabtu, 28 Maret - 2 April 2011 di Gedung Pemitraan Sei Karang, Deli Serdang, PT Perkebunan Nusantara III telah melakukan pendidikan dan pelatihan kepada 187 calon mitra binaan Usaha Kecil Menengah dari seluruh Kabupaten di Sumatera Utara (Karo, Deli Serdang, Serdang Badagai, Labuhanbatu, Tapsel, Medina, Langkat, Asahan, Kotamadya Medan dan Binjai, Simalungun, Dairi) Sementara jenis usaha yang rata-rata digeluti oleh para calon mitra binaan seperti Bengkel, Sembako, Pertanian, Jahit menjahit dan Bordir serta Industri Kerajinan dan Makanan.
Dana yang disalurkan dari program Kemitraan triwulan I tahun 2011 kepada angkatan XXV ini sebesar Rp.5.696 milyar. Dalam sambutannya Sunardiono SE MSc Kepala Bagian Kemitraan dan Bina Lingkungan mengatakan bahwa penyaluran dana kemitraan kepada 187 mitra binaan yang baru maupun yang lanjutan. Hingga saat ini PT Perkebunan Nusantara III (Persero) telah menyalurkan Rp. 91.563.818.238 kepada 3.650 mitra binaan.

Kami mengharapkan kepada para penerima bantuan dana kemitraan ini agar berjanji dan komit untuk melaksanakan kewajiban masing-masing untuk mengembalikan pinjaman yan telah diterima secara mencicil dan tepat waktu berdasarkan surat perjanjian. "Karena dana yang kembali itu akan digulirkan untuk modal usaha bagi para pengusaha UKM yang lain," katanya.

Sebagaimana biasa materi yang disajikan seputar bagaimana peningkatan peran PKBL BUMN PTPN III, bagaimana membuat laporan perkembangan usaha mitra binaan, analisa laporan keuangan UKM,materi  yang terkait dengan hukum, kewirausahaan dan kewiraswastaan, komunikasi dan etika bisnis, aspek keuangan dan pembukuan serta teknik mengelola usaha mikro, kecil dan menengah dari aspek pemasaran dan kemasan/merek. Para narasumber berasal dari praktisi dan akademisi  baik dari Kejatisu, LPP Medan dan Politeknik Negeri Medan.

Senang Lubis salah satu pengusaha UKM penerima pinjaman asal Medan mengungkapkan rerima kasih kepada PTPN III yang peduli untuk meningkatkan usaha para UKM. Ia berharap agar setiap tahun PTPN III terus mempunyai keuntungan yang berlipat dan tetap komit mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya bagi kemendirian UKM nantinya.(Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar