Laman

Selasa, 15 Maret 2011

TERUS TINGKATKAN GERAKAN PENATAAN LINGKUNGAN HIDUP

Medan – Lifaktual : Wakil Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin MSi menghadiri acara launching Medan Green and Clean (MdGC) Tahun 2011 di ruang rapat III Balai Kota Medan Selasa (15/3).
Dalam acara itu Wakil Walikota Medan meminta kepada seluruh Camat, Lurah dan kader – kader lingkungan hidup agar secara bersama – sama terus meningkatkan gerakan dalam penataan lingkungan hidup di Kota Medan.

“Kedepan kader – kader lingkungan hidup yang kita miliki sekarang diharapkan dapat terus membina kader-kader berikutnya, sehingga nanti dapat menjadi salah satu pilar dalam mendukung program penataan lingkungan di kota ini,” kata wakil Walikota.

Diketahui jelasnya, program MdGC telah memasuki tahun ketiga dimana dua tahun terakhir telah menghasilkan kader lingkungan hidup sebanyak 2000 orang. Mereka telah membuat program yang berarti dalam penataan dan kenyamanan sejumlah lingkungan, diantaranya peningkatan kebersihan dan penghijauan, pembuatan lubang biopori, daur ulang sampah dan komposting.

Meski demikian lanjutnya, program ini belum sepenuhnya menyentuh keseluruhan lingkungan yang ada di Kota Medan, sehingga target capaian program MdGC tahun ini harus lebih ditingkatkan dan dikembangkan ke komponen lainnya, agar mampu memacu pelaksanaan visi misi Kota Medan.

“Untuk itu saya berharap kader lingkungan bekerjasama bersama bersama dengan seluruh elemen masyarakat bersatu padu memberikan dukungan, untuk mewujudkan penataan lingkungan tersebut. Selain itu saya juga menaruh harapan kepada Camat dan Lurah serta kader-kader lingkungan agar terus bersama meningkatkan dalam penataan lingkungan hidup,” harapnya.

Sebelumnya kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ir Purnama Dewi dalam laporannya mengatakan program MdGC merupakan perbaikan lingkungan dengan pola pemberdayaan masyarakat yang telah dibentuk ditengah-tengah masyarakat atau lebih terkenal dengan kelompok sadar lingkungan (kelompok darling).

Dijelaskan, program ini dilaksanakan dengan pola kemitraan antara Pemko Medan PT Unilever Indonesia, Harian Waspada dan Yayasan Bumi Hujau Lestari. Kemudian secara bersama-sama merancang program lingkungan berbasis masyarakat dalam penanganan sampah, penghijauan dan biopori di Kota Medan.

“Tahun 2010 program MdGC telah berhasil merekrut sekitar 7000 kader yang berasal dari 181 lingkungan yang tersebar di 21 kecamatan di Kota Medan. Pencapaian ini melebihi dari target pada MdGC 2010 yaitu 6500 kader,” ungkap Dewi.

Selanjutnya Dewi menjelaskan, pada 2011, Pemko Medan bersama mitra MdGC telah menetapkan sejumlah target yang harus dicapai, antara lain penambahan jumlah relawan-relawan diambil dari kader lingkungan sebanyak 1 orang per kecamatan dengan jumlah 21 relawan, target peserta tahun ini ada 302 lingkungan yang dibagi menjadi wilayah kompleks dan non kompleks.

Selain itu lanjutnya total target kader MdGC 2011 adalah 9060 kader inti dan 6000 kader. Kemudian spesifikasi standar lingkungan harus mempunyai cirri khas seperti penghijauan, pengelolaan sampah dan biopori. Ada alat ukur secara statistik dari hasil sampah lingkungan dengan perwakilan 10 KK. Disamping itu adanya penambahan pohon di tiap rumah di lingkungan dan terbentuknya paguyuban fasilitator.

Ditempat yang sama Ketua Yayasan Bumi Hijau Lestari, Parlindungan Purba SH mengatakan MdGC merupakan ikon kebersihan Kota Medan. Untuk itu pihaknya akan terus mendukung penuh setiap kegiatan dalam rangka kebesihan maupun penghijauan.

“Yayasan Bumi Hijau Lestari siap memfasilitasi saran dan masukan dari masyarakat dalam rangka meningkatkan kebersihan dan penghijauan. Sebab kebersihan itu harus diawali dari diri sendiri setelah itu barulah lingkunga,” ujar Parlindungan.

Acara launching MdGC ini dihadiri Asisten Ekbang Ir Arief Trinugroho, Kadis Kebersihan Pardamean Siregar, Camat dan Lurah se-Kota Medan serta Ketua Yayasan Hayati Indonesia Marwan. Acara diakhiri dengan penandatanganan komitmen atas launching MdGC yang dilakukan Wakil Walikota diikuti Kaban BLH, Kadis Kebersihan serta Camat dan Lurah.(Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar