Laman

Rabu, 30 Maret 2011

Walikota Medan Terima Kakan-I SAR Medan

Medan - Lifaktual : Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Drs Irwansyah, Kabag Humas Khairul Buhari S Sos menerima kunjungan Kepala Kantor SAR-I Kota Medan beserta unsur pejabat lainnya yang tergabung dalam Badan SAR Nasional (Basarnas) Senin (28/3) diruang khusus Balai Kota Medan.

Walikota Drs H Rahudman Harahap MM mengatakan langkah-langkah dan upaya yang dilakukan oleh Basarnas selama ini diakui cukup strategis didalam upaya penanggulangan dilapangan didalam setiap bencana terjadi.

Dikatakannya, kunjungan Basarnas ini adalah untuk melakukan koordinasi sebagai upaya penanggulangan bila sewaktu-waktu terjadi, jadi kita harus perlu antisipasi dan persiapan. Artinya kita harus mempersiapkan personil  yang cepat dan tanggap untuk saling membantu.

Untuk itulah Pemerintah Kota Medan meminta kepada Basarnas agar membuat pelatihan khusus kepada jajaran Pemko Medan yang siap pakai baik itu dibidang kesehatan, bidang penanggulangan kebakaran maupun bahaya banjir dan sebagainya. Itulah diharapkan Pemko punya tim satgas yang siap bekerja sama menanggulangi setiap bencana yang terjadi di Kota Medan.

"Kita akan segera mengkonsulidasi terbentuknya Tim ini dan asset-asset yang ada pendukung Tim SAR ini kita pelihara agar setiap saat yang dibutuhkan bisa dipergunakan. "ujarnya.

Kepala Kantor SAR-I Medan Hadi Tugiman SIP mengatakan kunjungan ini adalah melakukan koordinasi dan komunikasi bagaimana merapatkan barisan untuk penanganan bencana dan musibah, diketahui penanganan bencana ini mulai dari masyarakat, instansi terkait.

Menurutnya, untuk tantangan lainnya ini adalah masalah respon time, kemudian masalah sumber daya manusia (SDM) juga peralatan, untuk Kota Medan ini cukup banyak potensi untuk merapatkan tugas penanggulangan bencana ini bersama-sama, karena tugas ini harus melibatkan semua instansi.

"Badan SAR Nasional tanpa dibantu masyarakat dan potensi lainnya tidak akan bisa berbuat apa-apa seperti apa yang dikatakan Walikota tadi, harapan kita dengan koordinasi ini kedepan bila terjadi musibah dan bencana, bersama-sama menanggulanginya dengan baik tidak tumpang tindih sehingga dilapangan tugasnya jelas, "ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Walikota Medan juga menerima kunjungan Organisasi Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Medan yang diketuai M Taufik Raja Pakpahan didampingi Sekum Wibisono, Bendahara Beni Syahputra SH dan Kabid Kelurahan Syabrina Sinulingga.

Tujuan kunjungan DKR adalah sehubungan dengan kunjungan Watimpres untuk membangun kelurahan siaga di Kota Medan dan aktif dalam menanggulangi bencana alam dan bencana kesehatan, selain itu membuka posko pelayanan pengaduan atas layanan kesehatan.

Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM berharap agar organisasi DKR ini bisa menjadi mitra kerja Pemko Medan, banyak hal yang bisa kita kerjakan, bila ini dikerjakan dengan terpadu apa yang kita harapkan dapat terwujud dengan baik. (Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar