Laman

Jumat, 22 April 2011

Walikota Medan Buka Workshop Penyusunan Rencana dan Strategis Pariwisata Kota Medan

Medan - Lifaktual : Jargon Pariwisata Kota Medan segera ditetapkan, penetapan jargon pariwisata ini dalam rangka visit Medan 2012 yang disusun dalam suatu workshop penyusunan rencana dan strategi promosi serta soft launching logo/branding/tag line pariwisata Kota Medan, Selasa (19/4) di Hotel Tiara oleh Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM.

Penyusunan rancana dan strategi promosi dan soft launching dihadiri Ketua DPRD Medan Drs Amiruddin, unsur Muspida Medan dan pesera sebanyak 300 orang peserta terdiri dari regulator dan kalangan birokrasi, steakholder pariwisata, akademisi dan mahasiswa, pengelola tempat tujuan wisata Kota Medan, komunitas seni san budaya dan lainnya.

Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM mengatakan penganugrahan penghargaan Indonesia Tourism Award (ITA) sebagai “The most Favorite City dan “The Best Servise City” kepada Kota Medan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI pada 2010 yang lalu menjadi motivasi bagi kita untuk menumbuh kembangkan sector pariwisata.

Oleh Karena itulah pencanangan tahun 2012 sebagai tahun kunjungan ke Kota medan (Visit medan Year 2012) merupakan langkah strategis dalam momentum kebangkitan pariwisata Kota Medan, guna meningkatkan ini seluruh instansi baik dilingkungan pemerintahan Kota Medan maupun pihak swasta harus mampu mempersiapkan sarana dan prasarana serta pendukung lainnya sehingga Kota Medan benar-benar siap menjadi kota tujuan wisata utama di Indonesia.

“Oleh karena itu pelaksanaan workshop ini sangat tepat dalam rangka menyusun kesiapan Kota Medan dalam menyukseskan program visit Medan Year 2012, “ujar Rahudman.

Walikota Medan meminta dalam rumusan logo/branding/tag line yang akan ditetapkan agar dapat mencerminkan keberagaman suku dan bangsa dengan kekayaan seni dan budaya yang ada di Kota Medan yang merupakan salah satu potensi untuk menjadikan Kota Medan sebagai daerah tujuan wisata.

Diharapkan logo/branding/tag line ini juga akan semakin mengukuhkan posisi Kota Medan dalam peta pariwaisata Indonesia dan dunia serta siap bersaing dengan branding pariwisata kota-kota tujuan wisata lainnya seperti Jakarta dengan “Enjoy Jakarta” Bali dengan “Shanti Shanti Shanti” Surabaya dengan “Sparkling Surabaya” Bandung dengan “Everlasting Beauty” Yogya dengan “Neverending Asia, Solo dengan “The Spirit of java” dan lainnya.

Dikatakannya kita melakukan launching pada 2011 sehingga sisa waktu yang ada ini betul-betul kita persiapkan dan kita dorong agar semua pemangku kepentingan dan steakholder pariwisata ikut membantu termasuk jajaran Pemko Medan, yang terpenting kita ciptakan rasa aman di masyarakat, kemudian fasilitas tujuan wisatanya, makanan cirri khas Kota Medan dan hal lain yang mendukung pariwisata yang bisa menjanjikan dan daya tarik masyarakat.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan Drs Busral Manan melaporkan penyusunan rencana dan strategi promosi serta perumusan logo/branding/tag line visit Medan Year 2012 diisi dengan seminar yang diberikan oleh Gus Irawan Direktir Bank Sumut, Kafi Kurnia motivator pemasaran terkenal dari Jakarta, kegiatan penyusunan ini membahas tentang kesiapan Kota Medan dalam program visit Medan year 2012 meliputi potensi destinasi, optimalisasi dan seleksi destinasi, calendar of event 2012 serta perumusan logo/branding/tag line pariwisata Kota Medan.

Dilaporkannya hasil dari workshop ini diharapkan akan tersusun suatu konsep rencana dan strategi promosi yang akan diempementasikan guna mendukung program visit year 2012 baik oleh pemerintah Kota Medan maupun steakholder pariwisata Kota Medan, selain itu juga akan dirumuskan logo/branding/tag line pariwisata Kota Medan.(Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar