Laman

Kamis, 17 Februari 2011

PLTMH LEBIH MURAH DIBANDING PLTS

Medan – Lifaktual : Drs. Tunggul Siagian menilai proyek PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang tengah dikembangkan Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sumatera Utara (Distambenprovsu) yang dibiayai dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), tidak akan berjalan efektif dan menjadi sia-sia.
 

Menurut Tunggul, program PLTS ini sebaiknya dialihkan ke program LMD (Listrik Masuk Desa) karena masih banyak warga masyarakat di Sumut yang belum dapat menikmati energi dari listrik negara.
Hal itu diungkapkannya kepada wartawan, Kamis (10/2) di gedung dewan terkait hasil rapat dengar pendapat dengan Distamben membahas masalah proyek PLTS di Sumut.

“PLTS kami kira sudah tidak efektif dan uang negara yang digunakan untuk proyek tersebut akan sia-sia, karena masyarakat kita tidak paham cara pemeliharaan serta penggunaan PLTS tersebut”, ujarnya.
Banyak masyarakat yang menggunakan PLTS untuk kebutuhan listrik rumah tangga menyampaikan keluhannya kepada saya karena kesulitan untuk mendapatkan perangkat yang diperlukan, ungkap Tunggul.

Hal itu bisa saja terjadi karena saat ini adanya kompetisi antar produsen perangkat PLTS yang mengakibatkan suatu perangkat yang diperlukan seperti aki atau bola lampu yang diproduksi suatu perusahaan, tidak dapat diganti dengan produk perusahaan lain. Lagi pula, bisa saja produk perusahaan itu sudah tidak ada di Sumut atau di Indonesia yang mengakibatkan masyarakat pengguna sulit mendapatkan produknya, terangnya.

Tunggul menyarankan agar program PLTS itu ditinjau ulang dan dihentikan proyeknya karena nantinya akan menyulitkan masyarakat pengguna PLTS tersebut. Ia menerangkan kalau PLTS itu berproses dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penghasil energi listrik dan alat utama untuk menangkap, mengubah dan menghasilkan energi listrik itu adalah photovoltaic atau modul solarcell.

Dengan alat tersebut sinar matahari diubah menjadi listrik melalui proses aliran-aliran elektron negatif dan positif didalam cell modul tersebut karena perbedaan elektron. Hasil dari aliran elektron-elektron akan menjadi listrik yang dapat langsung dimanfatkan untuk mengisi aki sesuai tegangan dan amper yang diperlukan.

Anggota dewan dari Fraksi Demokrat DPRD Sumut ini mengatakan,dengan mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) mini di daerah-daerah terpencil, akan dapat membantu warga masyarakat yang membutuhkan energi listrik karena PLTMH merupakan pembangkit listrik skala kecil menggunakan tenaga air.

Tunggul menyarankan, bila Distambenprovsu ingin berperan dalam penyediaan energi listrik, terutama bagi masyarakat desa, model PLTMH layak untuk dikembangkan karena biaya pembangunannya yang murah dan dapat menghasilkan energi listrik yang dibutuhkan hanya dengan menggunakan air yang berasal dari saluran irigasi, aliran sungai, dan air terjun sebagai tenaga penggeraknya. Kerjasama dengan swasta dalam pengembangan PLTMH dengan memanfaatkan potensi sungai-sungai yang ada di Sumut, seperti yang sudah ada di Simalungun,menurut Tunggul layak untuk dipertimbangkan. (Lifaktual/lif1.com)

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    BalasHapus