Laman

Rabu, 27 Juli 2011

HIPMI DIMINTA CETAK 1.000 ORANG PENGUSAHA BARU

Medan – Lifaktual : Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Utara, diminta bisa mencetak minimal 1.000 orang pengusaha pemula setiap tahunnya dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. HIPMI memang sudah diakui piawai dalam 'mencetak' pemimpin di berbagai bidang tetapi harus lebih ditingkatkan lagi khususnya menciptakan pengusaha-pengusaha baru," ungkap Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa, Selasa (26/07) dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) XIV HIPMI Sumut di JW-Marriot Hotel Medan. Acara Musda tersebut dibuka oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho.

Sebagai ketua terpilih untuk Periode 2011-2014 adalah Firsal Ferial Mutyara.
Dalam arahannya, Ketua umum terpilih mengungkapkan untuk meningkatkan kinerja dan peran HIPMI, Ketua dan Pengurus HIPMI lainnya harus membangun jaringan yang kuat dan lebih meluas lagi baik di jajaran pemerintah dan pebisnis.

Lanjutnya, dengan menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru, maka Hipmi akan memiliki peran besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang perekomiannya semakin bagus. Kalau saja, HIPMI di masing-masing daerah bisa memunculkan sekitar 1.000 pengusaha baru di setiap tahun, maka jumlah wirausahawan baru cukup berkembang pesat sehingga bisa membantu pemerintah menumbuhkan perekonomian, ujarnya.

Plt Gubsu, H Gatot Pujo Nugroho, mengatakan, idealnya jumlah pengusaha di suatu negara mencapai 30 persen dari total jumlah masyarakat. Di Indonesia, angka ideal itu belum tercapai karena masih 0,24 persen. Karena itu memang harus ada upaya peningkatan jumlah pengusaha dan itu bukan hanya tugas Hipmi tetapi juga tugas semua, katanya.

HIPMI sendiri bisa melakukannya dengan masuk ke sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan (SMK), karena faktanya sekitar 50 persen, lulusan sekolah itu sudah membuka usaha skala kecil sehingga Hipmi juga bisa membantu mengembangkannya.

Plt Gubsu juga mengingatkan, aktualisasi kepemudaan juga tidak terbatas pada dunia usaha dan politik, tetapi juga pada bidang lainnya seperti soial, budaya dan teknologi.

Dewan Penasehat HIPMI Sumut, Rahmadsyah, mengatakan, HIPMI harus bisa melakukan yang terbaik untuk bangsa khususnya dalam memperbaiki citra negara.Dengan perubahan zaman dan tuntutan, maka Hipmi harus dapat menjadi contoh konkrit yang bisa membantu pemerintah dalam segala hal, ungkapnya.(Ep/Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar