Laman

Kamis, 07 Juli 2011

PTPN III Berikan Pelatihan Kewirausahaan dan Serahkan Bantuan Rp 10,5 Milyar

Medan - Lifaktual : PT Perkebunan Nusantara III menyerahkan bantuan dana bergulir dari program kemitraan untuk 283 orang mitra binaan dengan total Rp 10. 500.000.000,- di ruang Pamitran, Sei Karang, Galang, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Senin, 27 Juni 2011. Pelatihan Kewirausahaan KBL periode Triwulan II tahun angkatan 26 tahuh 2011 ini dihadiri oleh Manager Distrik Deli Serdang II, Kepala Bagian Kemitraan dan Bina Lingkungan yang diwakili oleh Saidun Sitorus, S.H, Manager P2WAS yang diwakili oleh Drs. TD Manurung, Indina Marbun, S.H, sebagai Notaris, P. Situmorang, SE, dari Asuransi Jiwasraya, para calon mitra binaan dan undangan lainnya.

        Ir. H. Hakim Syadli yang mewakili Direktur SDM mengatakan bahwa PTPN III sangat memperhatikan pengembangan usaha pelaku UKM agar lebih tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari sebagian laba BUMN. ”Dalam rangka menambah wawasan, meningkatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidang kewirausahaan maupun manajemen pengelolaan usaha agar lebih maju dan bekembang dimasa yang akan datang maka calon mitra binaan diwajibkan mengikuti pelatihan.”

        Dalam laporannya, Saidun Sitorus, SH yang mewakili Kepala Bagian PKBL PTPN III mengatakan bahwa dasar penyaluran program kemitraan berdasarkan Peraturan Menteri Negara BUMN No 05 tahun 2007 tentang program kemitraan BUMN dengan usaha kecil dan program bina lingkungan, Rencana Kerja Anggaran Perusahaan tahun 2011, persetujuan Direksi atas memorandum Bagian KBL No 3103 MO/323/tanggal 16 Juni 2011 tentang pengajuan permintaan anggaran dana program kemitraan tahun 2011.

        Jumlah dana yang disalurkan pada periode ini sebesar Rp. 10.500.000.000 (Sepuluh Milyar Lima Ratus Juta Rupiah) dan total dana yang disalurkan sampai periode Triwulan II sebesar Rp. 102.023.000.000 (Seratus Dua Milyar Dua Puluh Tiga Juta Rupiah) yang disalurkan melalui transfer ke rekening UKM masing-masing. Mengingat calon peserta cukup banyak, maka pelatihan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu pada Senin, 27 Juni-29 Juni 2011 sebanyak 148 orang yang berasal dari Medan dan Deli Serdang sedangkan tahap kedua pada Jumat, 30 Juni-2 Juli 2011 sebanyak 139 orang yang berasal dari Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan, Simalungun, Batubara, Labuhan Batu, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara dan Karo.

        Penandatanganan surat perjanjian pemberian modal usaha untuk UKM akan dilaksanakan dihadapan notaris Indina Marbun, SH. Pelatihan selama dua hari mendatangkan narasumber dari LPP Kampus Medan, USU, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, dan lain-lain. Seluruh peserta akan diikusertakan sebagai peserta asuransi jiwasraya yang pada periode ini diproteksi PT. Asuransi Jiwasrata Persero.(Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar