Laman

Kamis, 29 September 2011

Kadis Kominfo Sumut Buka Pelatihan Operator ITC M-PLIK

Medan – Lifaktual : Kepala Dinas Kominfo Propsu, DR.H.Asren Nasution,MA secara resmi membuka Pelatihan Operator ITC Mobile Pelayanan Internet Kecamatan (M-PLIK) di Halaman Kantor Dinas Kominfo Provsu. Penyediaan M-PLIK merupakan penyediaan jasa pusat layanan internet kecamatan yang bersifat bergerak dan merupakan amanat dari Permen Kominfo Nomor 19/2010.

Pelatihan Operator ITC M-PLIK ini merupakan langkah kongkrit Pemprovsu dengan Kemenkominfo RI dalam menjalankan tugas dan fungsi Pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan di bidang komunikasi dan informatika melalui penyediaan akses internet yang sehat, aman, cepat dan murah.

Plt.Gubsu H.Gatot Pudjo Nugroho,ST dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Kominfo Provsu DR.H.Asren Nasution,MA, mengungkapkan "M-PLIK merupakan sinergi kegiatan kewajiban pelayanan Universal dengan kemampuan menutup seluruh wilayah blankspot telekomunikasi data dan suara di wilayah kita. (Universal Service Obligation with Community Access Point)"

Diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan Operator ITC M-PLIK dapat mempersiapkan diri dengan serius dalam mempelajari Teknis Operasional M-PLIK sehingga seluruh peralatan dapat dimanfaakan secara optimal, melalui pelatihan yang dilakukan selama 10 hari mulai tanggal 27 September 2011 sampai tanggal 06 Oktober 2011

Dan juga diharapkan bulan November 2011 dengan pertimbangan persiapan teknis, maka M-PLIK akan didistribusikan ke masing-masing Kab/Kota dengan penyerahan secara resmi di 6 titik lokasi di wilayah Pantai Timur Sumut, Dataran Tinggi Sumut dan Pantai Barat Sumut," tegas Beliau.

Sebelumnya pada tanggal 8 Agustus 2011, Sumut menerima 96 unit M-PLIK dari Kemkominfo RI yang selanjutnya akan didistribusikan kepada seluruh Pemkab/Pemko dengan indikator pertimbangan : Jumlah kecamatan, Wilayah blank spot area telekomunikasi dan layanan data/internet, Jumlah penduduk dan luas wilayah, Ketersediaan pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) yang telah On-line, Ketersediaan layanan internet yang telah diselenggarakan oleh masyarakat sendiri (warnet dan sejenisnya), serta Jarak dengan lokasi pemeliharaan kenderaan.

Usai membuka secara resmi acara pelatihan, Kadis Kominfo Provsu, Kadis Pendidikan Provsu dan beberapa undangan berkeliling memeriksa keberadaan 4 unit mobil. Dalam kesempatan itu, setiap mobil layanan internet dilengkapi 6 unit laptop, tempat duduk, televisi, generator dan perangkat pendukung khusus.

Pada kesempatan tersebut Kadis kominfo berterima kasih kepada Kemenkominfo yang memberikan amanah 96 unit mobil kepada Pemprovsu. "Kita berterima kasih kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Ir. H. Tiffatul Sembiring yang memberikan amanah. Pada saatnya nanti bila mobil sudah siap beroperasi akan didistribusikan langsung oleh Plt. Gubsu ke Kab/kota se-Sumut, ucapnya.

Acara tersebut dihadiri  perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota Karo, Simalungun, Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Langkat, Batu Bara, Kapendam I/BB, Kabid Humas Poldasu, SKPD Pemprovsu dan Kab/Kota, Penyedia M-PLIK PT.Wira Eka Bhakti dan PT.Lintas Arta, serta Peserta Pelatihan Operator ITC M-PLIK.(Ep/Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar