Laman

Rabu, 28 September 2011

OSN Pertamina 2011 Di Gelar di FMIPA USU

Medan – Lifaktual : Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2011, kembali di gelar di kampus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) USU. Dimana sebanyak 544 peserta yang berasal dari perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara mengikuti event ini. Peserta dibagi dalam empat kategori lomba yakni kimia, fisika, biologi dan matematika. Peserta yang lulus tahap seleksi akan mengikuti seleksi nasional di Jakarta.

Pelaksanaan OSN Pertamina 2011 bersama USU sebagai mitra dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas ini dengan tema "Mencetak Generasi Berprestasi Sebagai Energi Negeri". Pelaksanaan OSN ini sudah berjalan selama empat tahun. Kegiatan ini akan rutin dijalankan oleh PT. Pertamina (Persero). Pembukaan OSN kali ini dilakukan serentak di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Andalas Padang, Universitas Riau, Pekanbaru dan Universitas Maritim Raja Ali Haji Batam.

Assistant Manager External Relation PT. Pertamina Fuel Retail Marketing Region 1, Fitri Erika mengungkapkan bahwa penyelenggaraan OSN Pertamina 2011 merupakan salah satu wujud komitmen PT.Pertamina (Persero) dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Kami sangat bersyukur dan bangga karena antusias mahasiswa di Sumatera Utara untuk ikut kompetisi bidang sains cukup tinggi. Itu bisa terlihat dari jumlah peserta yang ikut sudah lebih dari 500 peserta, ucapnya.

Erika mengharapkan, program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di negeri ini, terutama dalam upaya mendorong keahlian, kompetensi dan kecakapan mahasiwa yang mendalami bidang ilmu dasar yaitu matematika, fisika, biologi dan kimia. "Bidang-bidang ilmu pengetahuan tersebut sangat erat hubungannya dengan core business Pertamina sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi dan memiliki peran besar dalam mepertahankan ketahanan energi bangsa ini di masa sekarang maupun yang dimasa yang akan datang," ujarnya.

Lanjutnya, OSN Pertamina tahun 2011 sukses menjaring lebih dari 16.565 mahasiswa atau meningkat 22,7 persen dibanding 2010 dengan 13.500 mahasiswa. Peningkatan jumlah peserta ini menunjukkan titik cerah harapan baru kemajuan minat dan inovasi mahasiswa dalam bidang sains. Para peserta akan memperebutkan total hadiah mencapai Rp. 2,8 miliar, tambahnya.

Sementara, Dekan Fakultas MIPA Dr. Sutarman mengatakan bahwa OSN Pertamina 2011 terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1 yang minimal duduk di semester tiga, serta bukanlah pemenang OSN Pertamina pada tahun sebelumnnya, atau mahasiswa yang pernah mengikuti olimpiade sains internasional. Pada penyelenggaran OSN Pertamina 2011, panitia melakukan serangkaian pengembangan dalam teknis pelaksanaan kompetisi yaitu jalur best theory dan best presenter.

OSN Pertamina 2011 merupakan program CSR Bidang Pendidikan PT Pertamina sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. Penyelenggaraan OSN Pertamina 2011 diharapkan dapat menghasilkan generasi muda Indonesia yang handal dalam bidang sains, yang bertujuan pada peningkatan kualitas pembangunan sumber daya manusia khususnya bidang sains di Indonesia, dan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu sains dunia, ungkapnya. (Ep/Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar