Laman

Jumat, 16 September 2011

RAZIA PNS JANGAN HANYA SIMBOL SEMATA


Medan – Lifaktual : Razia yang dilakukan terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang berkeliaran saat jam kerja diharapkan tidak hanya menjadi Slogan semata tetapi harus memberikan efek jera terhadap para PNS yang melanggar tersebut.

Ketua Komisi A, Ilham Syah mengungkapkan benar sekali program Razia tersebut jangan hanya jadi slogan semata. Asal habis hari raya pasti razia PNS selalu didengungkan, tetapi habis itu tidak ada. Apa yang dilakukan Pemko Medan sangat positif, asalkan dalam prakteknya Razia PNS harus bisa memberikan efek jera terhadap PNS pelanggar tersebut, ungkapnya

Ilham juga menjelaskan, Walikota Medan Rahudman Harahap MM, dalam pelaksanaannya perlu melibatkan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dimana  Kepala SKPD inilah yang seharunya mengetahui sejauhmana bawahannya bekerja.

Dalam pelaksanaan program ini saya kira sangat pas kalau Kepala SKPD yang berperan, karena merekalah yang mengatahui sejauh mana bawahan mereka bekerja.  Dalam persoalan ini, pelibatan Kepala SKPD akan memberikan kemudahan kepada Walikota Medan untuk mengontrol. Walikota tinggal mengontrol Kepala SKPD, jika mereka tidak bisa mengurusi bawahannya, Walikota tinggal mengambil tindakan, ungkapnya.

Lanjutnya, sanksi yang diberikan terhadap PNS pelanggar hingga kini dirasakan masih kurang dan cenderung tidak memberikan efek jera, sehingga permasalahan ini terus terulang. Masalah sanksi inilah yang sebenarnya harus menjadi titik masalah, Pemko Medan harus memperjelas sanksi yang diberikan sehingga PNS tidak terus menerus mengulangi keburukannya tersebut. Dengan memberikan sanksi administrasi dimana bisa dengan menurunkan golongannya, atau memindahkan ke lokasi lain, atau mencopot status PNS nya bila mereka sudah tidak bisa dibina lagi, ungkapnya.

Ilham juga menjelaskan, perlunya hukuman dan sanksi tegas terhadap PNS pelanggar tersebut  akan memberikan efek positif terhadap kinerja Pemerintah Kota Medan dalam pelayanan public kepada masyatakat Medan. "Dengan sendirinya bila PNS disiplin tentunya pelayanan public bisa maksimal dilakukan, ungkapnya.

Menurut pengamatan media ini di Kantor Dinas Perhubungan, Dinas Pertamanan, Dinas Kebersihan Kota Medan, para PNS banyak yang duduk-duduk di kedai kopi, di pos satpam dan bercerita-cerita sambil menunggu waktu istirahat tiba.(Ep/Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar