Laman

Jumat, 30 September 2011

NURDIN LUBIS DILANTIK MENJADI SEKDAPROVSU

Medan – Lifaktual : Setelah menunggu hampir sebelas bulan, akhirnya Provinsi Sumatera Utara memiliki seorang Sekretaris Daerah (Sekdaprov) definitif yaitu : Nurdin Lubis, pelantikan Sekdaprov Pemerintah Sumut dilangsungkan jumat (30/09) di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumut.

Hampir seluruh Kepala SKPD dan pejabat eselon II hadir di ruangan yang terletak di lantai dua tersebut. Begitu pula dengan lima calon Sekda yang diajukan sebelumnya, yakni Kadispenda Syafaruddin, Kadisbun Aspan Sofian Batubara, Kepala Badiklat Mangasing Mungkur, Kepala Badan Investasi dan Promosi Salman Ginting, dan Kadisdik Sumut Syaiful Syafri, Marapinta Harahap yang Kadis Bina Marga Provsu Selain mereka tampak pula mantan Sekdaprov Sumut, RE Nainggolan dan Muhyan Tambuse, serta Bupati Batubara, Oka Arya, dan mantan Bupati Madina, Amrun Daulay.

Sejumlah pejabat Pemko Medan juga tampak hadir seperti Wakil Walikota Medan Dzulmi Eldin para rektor Perguruan Tinggi negeri dan swasta, serta unsur pimpinan DPRD Sumut dan anggota DPD RI asal Sumut, Rahmat Shah dan Parlindungan Purba.

Sebelumnya, Nurdin Lubis menjabat sebagai Kepala Inspektorat Pemprov Sumut. Pria kelahiran Padang Sidempuan, 20 Oktober 1953 ini diharapkan mampu mensinergikan hubungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dengan pemerintah pusat dan kabupaten/kota.

Pelaksana tugas Gubernur Sumut (Plt Gubernur Sumut), Gatot Pujo Nugroho ST mengatakan, penetapan Sekda Sumut ini merupakan proses yang terpanjang di Indonesia karena melalui banyak pertimbangan baik di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) maupun Tim Penilai Akhir (TPA). Sehingga, terpilihnya Nurdin Lubis ini, mudah-mudahan memberi inspirasi bahwa sebuah program harus melalui proses kematangan yang diharapkan, dengan kematangan itu, Nurdin mampu mengkonsolidasi Pemprov dengan pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten/pemerintah kota, katanya.

Sebagai jabatan karir, pemilihan Sekda harus berdasarkan ukuran profesionalisme, tidak ditumpangi pertimbangan politis. “Jangan memandang Sekda di luar aturan atau ada muatan politis. Pelantikan hari ini sebagai tour of duty pegawai negeri sipil (PNS, red). Dilantikanya Pak Nurdin, membuktikan pejabat tersebut memiliki bobot,” ujarnya.

Lanjutnya, Sekda memiliki peran strategis karena tugasnya membantu kepala daerah mengoordinasikan lembaga teknis dan lainnya. Sekda merupakan motor penggerak organisasi di Pemprov. Citra Pemprovsu akan banyak ditentukan oleh Sekda, terutama harmonisasi hubungan Pemprov dengan pemeritnah pusat dan pemerintah kabupaten/kota, dan Nurdin diharapkan bisa mengatur dinamika dalam mengemban tugas administrasi, penyelenggaraan otonomi daerah dan koordinasi instansi, baik eksternal maupun internal.(Ep/Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar