Laman

Jumat, 05 Agustus 2011

ITM - UniMap Upayakan Kerjasama Lanjutan Penelitian

Medan – Lifaktual : Rektor Institut Teknologi Medan (ITM), Prof Dr Ilmi Abdullah MSc menegaskan, kerjasama dengan Universitas Malaysia Perlis (UniMap) telah dilakukan sejak tahun 2008 baik di bidang pendidikan, penelitian dan pertukaran dosen, kemahasiswaan dan pendidikan dosen lanjutan.

Di tahun 2010 saja ITM telah mengirimkan mahasiswa S1 sebanyak 5 orang ke Perlis, Malaysia di jurusan teknik mesin dan teknik elektro, mengirim dosen sudah 3 orang dan mendapatkan bantuan beasiswa dari UniMap sampai tamat kuliah untuk bahan membuat desertasi melanjutkan ke jenjang S3 bidang elektro, kata Ilmi selaku tim perumus penjaminan mutu pada kegiatan semiloka penerapan e-learning,di Kampus ITM Jalan Gedung Arca Medan kemarin.

Guru Besar ITM ini yakin sebagai lembaga pendidikan pengembangan teknologi di Sumut akan mampu menghasilkan teknologi yang dapat diterapkan di masyarakat. 'Kita telah mengirim sembilan dosen kuliah S3 di USU, UKI, UGM dan Malaysia . Kita juga tengah merintis produk wind energy (energi angin) yang dapat terpacak kincir angin di ITM. Demikian pula dengan teknologi pengolahan sampah yang bisa diolah menjadi energi, produk penelitian berupa energi hybrid yaitu tenaga angina dan solar, jelasnya.

Kedepannya, ITM bisa terus melakukan penelitian bersama mutu dosen dengan UniMap, meningkatkan pertukaran mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa melakukan penelitian yang terkini. Sebab, di UniMap memiliki fasilitas penelitian yang cukup canggih khususnya di bidang elektrikal dan material bahan termaju saat ini.

Menurutnya, telah banyak kegiatan dan kerjasama dilakukan UniMAP sebagai sebuah institusi akademik dan penelitian yang berdaya saing internasional di tahun 2015 mendatang. Salah satu kegiatan dilakukan dengan meningkatkan kerjasama melalui MoU dan MoA guna membantu UniMAP mencapai Visi Universiti.

Selain itu, UniMAP juga aktif memperkenalkan kepada dunia luar tentang sistem ICT atau Teknologi Komunikasi Informasi yang canggih, green house, clean room, laboratorium dan sebagainya. Ini secara tidak langsung memberi peluang kepada Kopertis untuk mengenal UniMAP lebih dekat lagi, imbuhnya.

Dia menuturkan, sewaktu kunjungan Kopertis ke UniMAP pada Mei lalu, sejumlah proyek kerjasama sudah dijajaki, diantaranya penawaran peluang kepada para staf di 350 institusi akademik tinggi di bawah naungan Kopertis Sumut.

Selain ITM terdapat 6 PTS yang menandatangani Mou itu terdiri dari UMSU, UMA, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Dharmawangsa, Universitas Quality, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, Universitas Setia Budi Mandiri, Universitas Amir Hamzah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan, Sekolah Tinggi Teknologi Immanuel, Sekolah Tinggi Teknik Harapan, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Potensi Utama, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer U'Budiyah, Politeknik Unggul LP3M, Akademi Perawat Imelda, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mutiara Indonesia.

Menurutnya, jika kerjasama ini bisa dilakukan dengan lancar apalagi didukung dengan konsep e-learning maka kemungkinan kerjasama ini akan bertambah kuat, karena dapat meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) lulusan SLTA yang masuk ke perguruan tinggi dari 18 persen menjadi 25 persen sebagai prasyarat mewujudkan Indonesia sebagai negara maju.(Ep/lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar