Laman

Senin, 22 Agustus 2011

POLDASU SIAPKAN 2.749 PERSONEL AMANKAN LEBARAN

Medan – Lifaktual : Polda Sumut (Poldasu) akan menurunkan sebanyak 2.749 personel, terdiri dari tim gabungan Polri, TNI dan instansi pemerintah, disiagakan di 150 Pos Pengamanan (Pos Pam), guna pengamanan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Sumatera Utara dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah, untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi para pemudik.
Kepala Bidang (Kabid) Humas Poldasu, Kombes Heru Prakoso mengatakan ada 2.749 yang disiagakan untuk memberi keyamanan bagi pemudik saat Lebaran. Ini untuk menciptakan keamanan dan kondusivitas wilayah hukum Polda Sumut, ujarnya.

Lanjutnya, kesiapsiagaan itu terkait kemungkinan terjadinya peningkatan tindak kriminalitas, selama Lebaran. Selain itu, Heru juga mengatakan, bagi masyarakat yang hendak meninggalkan rumah untuk berlebaran di kampung halaman, hendaknya memberitahukan kepada kepling setempat, agar rumah tersebut dalam pengawasan sehingga dapat menghindari para pelaku kejahatan.

Dikatakannya, biasanya dalam bulan Ramadan dan Idul Fitri potensi terjadi tindak kriminlitas meningkat. ’Sumut saya pikir aman, dan kami memprediksi seperti itu karena petugas keamanan akan melakukan patroli rutin, katanya.

Mengenai kemacetan, Heru menuturkan, Polda Sumut juga telah menurunkan tambahan personel di setiap daerah yang rawan kemacetan. Kita juga sudah mengantisipasi itu, ungkapnya.

Disisi lain, Kapolresta Medan Kombes Pol. Tagam Sinaga didampingi Kabag Ops Kompol Yusfi Nasution dan Kapolsekta Medan Baru AKP Dony Alexander mengaku telah mempersiapkan 1.137 personel yang akan disebar di berbagai objek vital dan beberapa titik rawan kejahatan.

Beberapa objek vital yang mendapat pengamanan adalah Bandara Polonia, kantor pemerintah, kantor perwakilan asing, bank dan beberapa titik rawan seperti pusat perbelanjaan, lokasi wisata dan terminal, katanya

Lanjutnya Tagam, untuk persiapan pengaman Lebaran pihaknya akan melakuan pertemuan dengan pemerintah dan intansi terkait, Jumat (19/8).

Besok (hari ini, Red) kita segera melakukan pertemuan dengan Pemko dan intansi terkait. Persiapan diusahakan sedini mungkin guna mengantisipasi hal terburuk, ujarnya

Kabag Ops Polresta Medan Kompol Yusfi menerangkan, Polresta Medan segera menyebar dan membangun 14 pos pengaman (Pospam) di tempat keramaian, kemacetan dan pusat perbelanjaan. Tiap Pospam akan dipersiapkan belasan personel kepolisian dibantu TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Pramuka.

Ada sebanyak 14 Pospam yang akan kita bangun dan disebar ke beberapa titik rawan yakni lokasi keramaian, jalur lalulintas yang sering macet juga pusat perbelajaan, tandasnya.

Ia mengatakan, Pospam tersebut akan beroperasi selama 15 hari mulai H-7 dan H+7 Lebaran. Operasi ketupat ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalulintas, tindakan kejahatan jalanan serta memberikan kenyamanan warga selama mudik. Yusfi menambahkan pihaknya juga akan meningkatkan patroli di kawasan rawan tindak kriminal. Yusfi mengimbau masyarakat harus ikut berperan serta dalam pengaman selama menjelang Lebaran.(Ep/Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar