Laman

Rabu, 10 Agustus 2011

PESERTA MEDAN SEHAT KENA PUNGLI DI RSU MITRA MEDIKA

Medan - Lifaktual : Pasien Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Medika di Jalan KL Yos Sudarso Km 7,5 Tanjung Mulia Medan mengeluhkan mahalnya biaya berobat padahal mereka sudah memakai yang namanya kartu "Medan Sehat Harapan Kita Bersama" dan mereka harus diminta biaya tambahan sebesar Rp. 500.000.-

Hal itu disampaikan salah seorang pasien bernama Sri Astuti Rezeki (30) didampingi suaminya bernama Sugeng Hariono (40) warga Jalan Tangguk Utama 4 No 395 Blok IV Perumnas Griya Martubung Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan saat mengeluhkan mahalnya biaya berobat di RSU Mitra Medika kepada sejumlah wartawan Selasa (09/08).

Sri Astuti peserta Medan Sehat Harapan Kita Bersama yang dikeluarkan Pemko Medan dengan nomor peserta 12751900011656-2 merupakan warga kurang mampu mengira dengan menggunakan kartu itu biaya bisa irit ternyata harus menambah biaya lagi.Dia mengatakan sebagai bukti ada kwitansi no 029162 yang dikeluarkan managemen RSU Mitra Medika ditandatangani Oli Sihombing harus membayar Rp. 500.000.- untuk pembayaran anastesi curetase.

Lanjutnya, managemen RSU Mitra Medika menindas warga miskin pengguna kartu Medan Sehat Harapan Kita Bersama sebab setiap pasien yang menggunakan kartu itu tetap ada biaya tambahan dengan berbagai alasan kalau tidak mau memberi biaya tambahan dibiarkan begitu saja tanpa dilayani. Bohong itu, pengguna kartu Medan Sehat bisa gratis berobat di RSU Mitra  Medika, pasti diminta biaya tambahan, ungkapnya



Diutarakannya juga bahwa pada tanggal 30 Juli 2011 lalu dia berobat ke Puskesmas Martubung lalu dirujuk oleh dokter Hera juwita Sinaga ke RSU Mitra Medika dengan hasil hypermenorhe karena haid tidak teratur lalu 5 Agustus 2011 berobat ke rumah sakit itu dengan menggunakan kartu Medan Sehat tapi managemen RSU minta dana tambahan harus dibayar. Karena merasa penyakitnya tidak bisa ditahankan maka dana tambahan itu diberikan baru ada pelayanan.

Ketika dikonfirmasi wartawan salah seorang menagemen RSU Mitra Medika Oli Sihombing (nama yang tertera di kwitansi) tidak bersedia, kata pegawainya lagi sibuk tidak sempat memberikan keterangan, kata piket jaga.Sementara itu, ketika dikonfirmasi kepada Kadis Kesehatan Kota Medan dr Edwin Efendi,melalui telepon selulernya mengatakan kalau warga miskin menggunakan kartu Medan Sehat Harapan Kita Bersama tidak perlu mengeluarkan biaya.

Kepada Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Edwin Effendi mengungkapkan semua dana berobat akan dibayarkan oleh Pemko Medan. Terkait dengan itu apabila managemen RSU Mitra Medika meminta biaya tambahan kepada warga pengguna kartu Medan Sehat, Pemko akan memberikan sanksi akan mencabut izin operasi karena sudah melawan kebijaksanaan pemerintah.Managemen RSU Mitra Medika sudah melanggar ketentuan yang berlaku harus mendapat tindakan yang tegas dari Pemko, ucapnya.

Menurutnya, kejadian itu bukanlah yang pertama dilaporkan sudah berkali-kali kejadian itu dialami pasien di RSU Mitra Medika termasuk peserta Askes dari Primkop Upaya Karya Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Belawan banyak yang mengadu bila tidak membayar biaya tambahan berobat.(Ep/Lifaktual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar